Keluar Dari PAN, Amien Rais Usung 'Partai Ummat'

Amien Rais | ANTARA/Reno Esnir

BERITARADIODSK.COMSetelah 21 Tahun bergabung  dengan Partai Amanat Nasional (PAN), amien rais resmikan 'Partai Ummat' sebagai partai barunya.

Pengumuman nama partai baru tersebut disampaikan Amien melalui akun YouTubenya "Amien Rais Official" pada Kamis 1 Oktober 2020.

"Partai Ummat insyaallah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," sebut Amien Rais.

Wacana pembentukan partai baru amien rais pun makin berembus kencang. Isunya, saat itu, Amien bakal mendirikan pan Reformasi. Ternyata amien rais memilih partai ummat sebagai nama partai barunya.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, pan merupakan Partai yang telah ia dirikan bersama Faisal Basri, Goenawan Mohammad, Hatta Rajasa, Rizal Ramli, Emil Salim, dan A.M. Fatwa.

Isu amien rais membentuk partai baru terdengar setelah gelaran Kongres pan di Kendari, Sulawesi Tenggara, kurun Februari 2020 lalu.

Amien Rais saat itu mendukung pasangan Mulfachri Harahap-Hanafi Rais melawan petahana Zulkifli Hasan dalam pemilihan ketua umum pan baru.

Pada akhirnya, Zulkifli Hasan, yang merupakan besan Amien Rais, menjadi pemenang di Kongres ke-5 pan di Kendari. Beberapa waktu setelah kongres, amien rais mengaku sudah dikeluarkan dari pan karena beda prinsip.

Berita Pilihan

Berita Lainnya

Berita Radio Network